English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, December 18, 2008

Air Conditioner ( AC )Masa Kini


Makin lama fungsi AC (air conditioner) makin canggih saja. Bila semula hanya sebagai pendingin ruangan, kini juga berfungsi membersihkan udara, membasmi jamur, mikropartikel dan molekul pemicu alergi (allergen) seperti debu, bau tidak sedap dan asap rokok. Namanya pun bermacam-macam. Ada Super Plasma Cluster (Sharp), Daiseikai (Toshiba), Puritee (Panasonic), Silver Nano (Samsung) dan lain-lain.

Puritee melalui air purifying filternya mampu melumpuhkan allergen. "Super alter buster, zat aktif yang dinamai hydroxyl spenolic yang dipasang pada AC dengan teknologi tertentu, akan memurnikan udara dengan menyelubungi allergen sehingga tidak aktif lagi," kata Togar Remanto Lumbantoruan, Manager Home Appliances PT Panasonic Gobel Indonesia.

Sedangkan superionizer-nya menghasilkan ion negatif yang membuat segar ruangan seperti udara pegunungan. Puritee juga dilengkapi triple deodorizing filter untuk menyerap bau tidak sedap dan superquit untuk mengurangi polusi. Ada dua tipe Puritee: 02 (CS-XC9DKH-7) dengan lebar 79,9 cm, tinggi 27,5 cm, tebal 23,6 cm dan berat 10 kg, dan S2 (CS-C9DKH-7) dengan lebar 79,9 cm, tinggi 28 cm, tebal 18,3 cm dan berat 9 kg.

Keduanya (unit bagian dalam atau indoor) terbuat dari plastik polysterine. "Modelnya clean dan fresh karena tak ada garis-garis seperti AC sebelumnya. Jadi, lebih bersih dengan warna green crystal," tambahnya. Suara unit indoor halus, sekitar 26 db (desibel), unit luar (outdoor) 46 db. Sebagai perbandingan standar kebisingan untuk bisa tidur nyaman menurut WHO adalah 30 db. Harga tipe 02 satu pk Rp4 juta dan S2 Rp3 juta, belum termasuk biaya pemasangan, dengan tarikan listrik pertama 760 dan 800 w. Garansi tiga tahun untuk kompresor dan satu tahun untuk servis.

Sementara Daiseikai menyegarkan ruangan melalui ion plasma air purifier yang menebar 27.000 ion negatif. Ion ini bermanfaat pada tubuh manusia, seperti meningkatkan fungsi pernafasan dan metabolisme tubuh. "Jadi, AC ini memicu efek relaksasi sehingga Anda awet muda dan tambah segar. Selain itu juga mengusir nyamuk dan menghambat perkembangan serangga seperti kecoa dan semut," kata Jongki Sudiman, AC Product Manager Toshiba.

Ion itu juga dilengkapi filter elektrik dengan violet filter plus dari titanium dioksit (semacam bahan keramik), yang sangat efektif menghilangkan bau-bauan, membasmi bakteri dan virus. Filternya terbuat dari alumunium antikarat, sedangkan unit indoor dari plastik dengan tinggi 27,5 cm, lebar 79 cm, dan tebal 21,8 cm. Suara halus, hanya 22 db. Daiseikai juga memiliki auto self cleaning yang mampu membersihkan bagian dalamnya secara otomatis sehingga kompresor bersih dalam 10 menit dan mengering sendiri.

Gratis Berlangganan Dapatkan Info Terbaru Mengenai Dunia Air Conditioner Langsung Dari Blog IMS-TEGAL Dengan Memasukan Alamat Email Anda



DUNIA I-M-S

Menurut Pendapat Anda Bagaimana Tentang
” Air Conditioner ( AC )Masa Kini ”
Silahkan Anda Commentar Tapi Jangan Mengandung Unsur SARA / SPAM. . . . . . .Thanks.

Post a Comment